Robot Trading Dalam dunia forex

Posted on

Robot trading, atau yg kerap dinamakan EA (expert advisor) sudah lumayan dikenal oleh semua trader. Walaupun beberapa besar pemakai tetap dengan teknik manual, tetapi tidak tidak banyak yg senang memakai robot trading.

apa saja yang dapat dilakukan robot trading ?
Membuka dan memblokir posisi. Memodifikasi sebuah posisi yg sedang berjalan. Mengubah SL dan TP sebuah trade yg sedang berjalan. Melakukan analisa terhadap sebuah pair menurut indikator. Mengirimkan notifikasi berupa suara, email, atau ke format yg lain. Menganalisa manajemen finansial akun. Seperti balance, margin, porsi lot, dsb. Melakukan copy atau mirror trading.

Mengapa Menggunakan Robot Trading ?

Disiplin mengekor rambu dan aturan. Faktor psikologis yg tidak jarang mengacaukan, dapat dihindari. Mengurangi kejenuhan untuk tidak jarang kali memonitor grafik pergerakan harga. Setiap ketika ada kesempatan trading dapat dimanfaatkan, menilik saat anda tidurpun, robot tetap aktif bekerja.

Jika anda googling, mungkin tidak sedikit robot yang di share secara gratis alias gratisan. Tetapi robot gratisan seringkali tidak mempunyai orientasi jangka panjang, serta tidak mengerjakan update pada sistem trading di robot. Jadi lebih laksana untuk pendidikan dan coba-coba saja. Tentunya anda musti beranggapan dua kali bila hendak menaruh trading anda pada sebuah sistem yg melulu coba-coba saja. Rata-rata robot trading berbayar dipasarkan di kisaran harga 100$-3500$. Yang mahal belum pasti lebih baik dari yg murah, kita tetap mesti menyaksikan performa dari statemennya.

Membangun Infrastruktru Robot Trading
Apa saja yang diperlukan:
Pertama, Anda perlu akun trading, dapat real/demo. Usahakan dengan akun broker yang mempunyai spread kecil dan eksekusi cepat, laksana akun raw(ECN) Icmarkets.

Kedua, ialah server VPS(Virtual Private Server), VPS ini laksana pc windows biasa, cuman terletak di data internet center di luar negeri. Jadi koneksi internetnya cepat, stabil, dan online 24 jam. Pilihlah penyedia VPS dimana tempatnya servernya sama dengan tempat server dari broker. Sebagai contoh: server broker Icmarkets terdapat di NewYork Amerika, pilihlah VPS yg bertempat di negara Amerika. Sehingga eksekusi order menjadi cepat. Latency internet < 10ms ialah yg paling ideal untuk robot trading. VPS ini lazimnya kita sewa per bulan, dengan harga 10$-30$/bulan bervariasi tergantung spesifikasinya.

Jika kita tidak inginkan memilih pilihan kedua/VPS, Anda dapat juga memakai PC di lokasi tinggal + Internet 24 jam. Spesifikasi pc tidak butuh yg highend, lazimnya pc biasa telah cukup dapat menjalankan software robot(metatrader) dengan baik. Yang perlu diacuhkan justru ialah bagaimana koneksi internet supaya bisa tidak jarang kali on, cepat dan stabil. Kenapa? Robot perlu supaya setiap sinyal jual, beli, modifikasi, dapat dengan cepat dieksekusi. Bila gaya robot ialah long term dengan target pips yg besar pasti keterlambatan sejumlah detik tidak terlampau signifikan. Tetapi sebaliknya, andai bergaya scalper jangka pendek, sejumlah detik saja terlambat,

Kekurangan Robot Trading
Robot tidak dapat mengantisipasi seluruh kondisi, contoh: dalam situasi pasar yang ekstrim, bergolak, yg tidak atau belum diprediksikan, algoritma robot dapat jadi tidak relevan lagi, dan trading menjadi kalah. Karenanya pemantauan secukupnya tetap perlu guna dilakukan. Faktor fundamental dapat merusak kerja robot, tidak terdapat salahnya bila memang terdapat jadwal atau even besar, robot dapat di non aktifkan dahulu. Kondisi-kondisi laksana pemilu US, bencana, perang, dsb, dapat menjadi pengaruh penggerak harga yg susah di petakan.

Performa Robot Apakah Pasti Profit ?
Tidak terdapat jaminan, seluruh sistem baik tersebut manual ataupun robot mesti tidak jarang kali diperbaiki. Faktor seperti, pemilihan broker, tipe akun, kecepatan internet, tempat server, dll, mesti diperhatikan. Banyak permasalahan menggunakan robot yg sama, namun hasil berbeda, ini diakibatkan kegagalan dalam pengulangan kondisi. Mungkin yg satunya kecepatan internet lebih lambat, akunnya spreadnya lebar, dsb. Sebaiknya mengekor arahan yg diserahkan oleh pembuatnya. Bagaimananapun pembuat lebih tahu luar dalam bakal sistem robot ciptaannya. Robot berbayar umumnya telah siap pakai, ketidaksabaran dan intervensi seringkali justru akan berdampak kegagalan pada robot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *